::: Fakultas Syari’ah dan Hukum IAIN Raden Intan Lampung Menerima Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur (Penelusuran Minat Bakat PMA) Datang langsung ke Fakultas Info. Hub. 081369076722 “Unggul dan Kompetitif dalam Pendidikan Hukum Islam dan Ilmu Hukum” ::: Kritik, saran, informasi atau artikel seputar Fakultas Syari’ah dan Hukum dapat dikirimkan kepada kami melalui email satuhatibangunnegerilampung@gmail.com.
Home / Berita Terkini / 3 Dasar yang Harus Dimiliki Seorang Jurnalis

3 Dasar yang Harus Dimiliki Seorang Jurnalis

01447837056journalist-560925ea7571c

Bandar Lampung: Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung mengadakan Pelatihan Jurnalistik yang dilaksanakan di GSG setempat, Sabtu (14/10/2017).

Pelatihan Jurnalistik tersebut bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat mahasiswa yang mempunyai bakat dibidang jurnalistik, serta menumbuhkan rasa keinginan mahasiswa untuk terjun dibidang jurnalistik.

Acara yang sangat menarik tersebut menghadirkan pemateri yang handal yaitu Adian Saputra Pemred Jejamo.com.

Adian Saputra menjelaskan menjadi jurnalistik itu mencari berita yang fakta kemudian ditulis kembali sama seperti perawi hadist. Berita yang sebenarnya terjadi, berita yang aktual, dan mempunyai nilai publik.

Ada 3 dasar yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis yaitu:

  1. Wawasan atau pengetahuan (knowledge) maksud nya adalah seorang jurnalistik harus mempunyai wawasan atau pengetahuan tentang berita yang akan dibicarakan, serta bisa dipertanggungjawabkan.
  2. Keahlian atau keterampilan (skill) jurnalistik maksudnya adalah seorang jurnalistik harus mempunyai keahlian atau keterampilan untuk membuat berita itu layak dibaca, layak di tampilkan didepan public, serta harus bisa membuat orang-orang mau membaca berita tersebut.
  3. Etika atau sikap (attitude) maksudnya adalah seorang jurnalistik harus mempunyai sikap atau etika yang baik ketika lagi mewawancarai orang lain, ketika meminta penjelasan dari narasumber.

Menurut Adian Saputra, dalam dunia jurnalistik, harus mempunyai angle atau topic atau sudut pandang tentang apa yang akan dibicarakan dan itu sangat wajib ada dalam jurnalistik. Tanpa angle atau topik atau sudut pandang maka apa yang akan dibicarakan, apa yang akan ditampilkan akan kacau balau akibat ketidakjelasan apa yang dibicarakan. (Rchcan Pratiwi)

About admin

Foto Profil dari admin

Check Also

22489744_1943107932595226_3278003035605523079_n

Dahsyat Pemred Jejamo.com Isi Pelatihan Jurnalistik

Bandar Lampung: Dahsyat..!!! Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung menggelar Pelatihan Jurnalistik bagi mahasiswa. Pelatihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas