::: Fakultas Syari’ah dan Hukum IAIN Raden Intan Lampung Menerima Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur (Penelusuran Minat Bakat PMA) Datang langsung ke Fakultas Info. Hub. 081369076722 “Unggul dan Kompetitif dalam Pendidikan Hukum Islam dan Ilmu Hukum” ::: Kritik, saran, informasi atau artikel seputar Fakultas Syari’ah dan Hukum dapat dikirimkan kepada kami melalui email satuhatibangunnegerilampung@gmail.com.
Home / Berita Terkini / Asah Jiwa Jurnalis, Mahasiswa FSH Belajar Tips menulis Opini

Asah Jiwa Jurnalis, Mahasiswa FSH Belajar Tips menulis Opini

IMG-20170315-WA0009

Bandar Lampung: Komunitas Mata Pena FSH kembali gelar diskusi mingguan sesuai jadwal yang telah di tetapkan dan disepakati pada jum’at 13.00 dipelantaran taman Akademik Jum’at (10/03/2017).

Ketua Komunitas Mata Pena FSH Nur Fatamawati Anwar mengatakan pertemuan rutinitas mingguan kali ini membahas tentang “Tips Menulis Opini” yang disampaikan oleh Rizki Isdam Matura salah satu anggota Mata Pena FSH yang juga wartawan Radar Lampung.

Rizki Idsam Matura dalam diskusi tersebut memaparkan tips dan langkah dalam menulis opini diantaranya adalah: Pertama perbanyaklah dalam mencari informasi melalui media-media yang tersedia disekitar kita misalnya melalui smartphone yang kita miliki. Kedua rajin membaca perkembangan berita melalui media massa seperti koran dan memberikan tanggapan dengan argumen dampak positif dan negatif secara logis. Ketiga setelah memberikan argumen berupa dampak positif dan negatif,selanjutnya cobalah mengkritisi berita tersebut dengan memberikan solusi dan masukan yang positif.

Untuk lebih memudahkan langkah awal dalam  menulis opini adalah mencari tema dari hal-hal terdekat kita,contohnya adalah memilih lingkungan sekitar kampus kita sendiri terdahulu seperti Syari’ah, dan yang terpenting dalam menulis opini adalah keakuratan data dalam tema yang kita tulis,itulah mengapa kita sangat dianjurkan untuk banyak-banyak  membaca dan  mencari informasi terutama dilingkungan terdekat kita.

Rizki juga menambahkan setidaknya luangkan waktu 10 menit saja untuk memperkaya pengetahuan dengan membaca, mengetahui hal-hal disekitar kita dengan berita dapat mengurangi jumlah orang-orang yang tidak mau tahu terhadap perubahan lingkungan terutama disekitar kita. (Ria Rhisthiani)

About admin

Foto Profil dari admin

Check Also

22489744_1943107932595226_3278003035605523079_n

Dahsyat Pemred Jejamo.com Isi Pelatihan Jurnalistik

Bandar Lampung: Dahsyat..!!! Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung menggelar Pelatihan Jurnalistik bagi mahasiswa. Pelatihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas