::: Fakultas Syari’ah dan Hukum IAIN Raden Intan Lampung Menerima Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur (Penelusuran Minat Bakat PMA) Datang langsung ke Fakultas Info. Hub. 081369076722 “Unggul dan Kompetitif dalam Pendidikan Hukum Islam dan Ilmu Hukum” ::: Kritik, saran, informasi atau artikel seputar Fakultas Syari’ah dan Hukum dapat dikirimkan kepada kami melalui email satuhatibangunnegerilampung@gmail.com.
Home / Berita Terkini / Tips Keren Menghadapi UAS

Tips Keren Menghadapi UAS

Nurul AlifahUjian Akhir Semester (UAS) telah tiba. Dalam menghadapi UAS, kerap kali sebagian mahasiswa mengalami kegalauan. Hal ini disebabkan karena mahasiswa mempelajari materi kuliah yang begitu banyak, hanya pada saat malam menjelang ujian, yang biasa disebut dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam). Agar tidak galau dalam menghadapi UAS, setidaknya ada beberapa tips keren yang bisa dilakukan oleh mahasiswa.

Pertama, berdoa. Berdoa adalah salah satu hal penting ketika menghadapi UAS. Karena pada dasarnya semua kegiatan yang kita lakukan semata-mata ingin mendapat ridhanya Allah SWT.

Kedua, belajar. Belajarlah sejak jauh-jauh hari sebelum ujian. Di samping belajarnya lebih santai kita juga dapat memahami materi tersebut lebih mudah. Jangan belajar dengan system SKS (Sistem Kebut Semalam).

Ketiga, siapkan stamina yang kuat. Perlu menjadi perhatian bagi mahasiswa untuk tidak terlalu fokus dengan belajar saja tanpa memikirkan keadaan tubuh. Selalu imbangi tubuh dengan makan makanan yang sehat. Makanan yang sehat tidak harus mahal, yang terpenting memenuhi kebutuhan yang ada dalam tubuh. Selain itu, hendaknya selalu berolahraga agar saat ujian tidak merasa lelah karena banyaknya referensi buku yang harus dibaca.

Keempat, strategi manajemen waktu. Atur waktu antara bermain dan belajar. Sebab terlalu banyak bermain dan santai serta suka menunda-nunda dalam belajar merupakan hal yang merusak persiapan ujian, sebaliknya terlau fokus dalam belajar juga akan membuat stres.

Kelima, sungguh-sungguh. Jangan terlalu menganggap sepele mata kuliah yang diujikan, karena sesuatu yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan memperoleh hasil yang terbaik

Keenam, tidak melakukan kecurangan. Selalu bertindak jujur dalam setiap kegiatan yang dilakukan, terutama dalam Ujian Akhir Semester. Karena sekecil apaun nilai yang didapat dengan hasil jerih payah sendiri akan mempunyai nilai kepuasan tersendiri dibanding nilai bagus namun bukan hasil usaha dan pemikiran sendiri.

Demikian beberapa tips keren  yang bisa membantu dan memperlancar dalam menghadapi UAS. Semoga bermanfaat.

Penulis Nurul Latifah
Editor Abdul Qodir Zaelani

About admin

Foto Profil dari admin

Check Also

22489744_1943107932595226_3278003035605523079_n

Dahsyat Pemred Jejamo.com Isi Pelatihan Jurnalistik

Bandar Lampung: Dahsyat..!!! Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung menggelar Pelatihan Jurnalistik bagi mahasiswa. Pelatihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas