::: Fakultas Syari’ah dan Hukum IAIN Raden Intan Lampung Menerima Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur (Penelusuran Minat Bakat PMA) Datang langsung ke Fakultas Info. Hub. 081369076722 “Unggul dan Kompetitif dalam Pendidikan Hukum Islam dan Ilmu Hukum” ::: Kritik, saran, informasi atau artikel seputar Fakultas Syari’ah dan Hukum dapat dikirimkan kepada kami melalui email satuhatibangunnegerilampung@gmail.com.
Home / Berita Terkini / 4.369 Calon Mahasiswa Ikuti UM-PTKIN IAIN Raden Intan Lampung

4.369 Calon Mahasiswa Ikuti UM-PTKIN IAIN Raden Intan Lampung

Jpeg

Bandar Lampung: Hari ini kampus IAIN Raden Intan Lampung dipadati ribuan calon mahasiswa baru yang mengikuti tes Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui jalur UM-PTKIN di IAIN Raden Intan kali ini sebanyak 4.369 orang. Pelaksanaan tes tulis tersebar di 4 Fakultas yaitu Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syari’ah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dan Fakultas Ushuluddin.

Pelaksanaan tes tertulis UM-PTKIN ini berlangsung selama 2 hari, dimulai tanggal 14 sampai 15 Juni 2016. Pada hari ini, Selasa (14/06/16) dilaksanakan tiga materi ujian tes tulisa yakni potensi dan akademik, kebahasaan dan keislaman. Untuk ujian besok, hari rabu 15 Juni 2016 hanya satu yaitu sesuai dengan kejurusannya, IPA, IPS dan IPC.

Peserta yang ikut dalam UM-PTKIN kali ini bukan hanya dari wilayah Lampung tapi juga banyak dari luar Lampung. Syamsul Ma’arif, misalnya, alumnus SMA 8 Merangit Jambi menyatakan keikutsertaannya di UM-PTKIN ingin bergabung ke IAIN Raden Intan Lampung dikarenakan selain kampus ini sebagai kampus terasri se-PTKIN, alumnusnya juga sudah banyak mewarnai di berbagai sektor, “Saya ikut tes UM-PTKIN di IAIN Raden Intan Lampung karena ingin bergabung di kampus yang asri ini. Kampus ini saya lihat progresnya bagus. Infrastrukturnya terus berkembang. Kualitas keilmuannya juga bisa diandalkan. Saya melihat alumnusnya juga sudah banyak mewarnai di berbagai sektor”, ujarnya yang ingin bergabung di jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Sementara itu, mengenai soal yang diujikan, Ricky Richardo, alumnus SMA Kosgoro 1 Bandar Sribawono Lampung Timur yang mengikuti ujian menyatakan bahwa tes tulis yang diujikan cukup sulit, “Materinya yang diujikan cukup sulit, ada beberapa kata dan istilah yang belum familiar. Saya tetap berharap meskipun tes tulisnya agak sulit, bisa bergabung di kampus yang asri ini”, ungkap beliau yang ingin masuk di jurusan Muamalah (Hukum Bisnis) Fakultas Syari’ah dan Hukum.

Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum, Dr. Alamsyah, M. Ag, menilai bahwa UM-PTKIN yang dilakukan pada hari ini berjalan dengan lancar, “UM-PTKIN kali ini luar biasa jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Banyak peminat, pelaksanaannya tertib, ruang tes sudah memadai dan petugas serta pengawaspun juga disiplin”, ungkap beliau.

Beliau menambahkan, walaupun demikian, masih saja terdapat beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki kedepannya yaitu pengaturan lalu lintas yang baik agar tidak tersendat, karena hal demikian dapat menyebabkan keterlambatan tiba di ruang tes. Demikian pula perlu ada semacam information centre di beberapa tempat karena banyak peserta yang bingung mencari lokasi.

“But in general is very good, and good luck for local committee, our institution and specially our rector, Prof. Dr. H. Mukri, M. Ag. Alhamdulillah. Semoga UM-PTKIN IAIN Raden Intan Lampung bisa menghasilkan calon-calon mahasiswa yang terbaik”, tutup Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum dengan penuh  harapan. (Siti Zubaidah/Abdul Qodir Zaelani)

About admin

Foto Profil dari admin

Check Also

22489744_1943107932595226_3278003035605523079_n

Dahsyat Pemred Jejamo.com Isi Pelatihan Jurnalistik

Bandar Lampung: Dahsyat..!!! Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung menggelar Pelatihan Jurnalistik bagi mahasiswa. Pelatihan …

4 comments

  1. Saya turun langsung memantau .. Alhamdulillah tertib lancar dan aman. Sampe saat ini blm terdengar ada pengaduan atau komplain peserta atau ditemukan pelanggaran mapun gamgguan serius. Kekurangan teknis tetap ada, misalnya soal yg terulang, tetapi dpt diselesaikn panitia dg cepat. Kerja keras panitia dan kepedulian serta kebersamaan mnjadi kunci sukses kegiatan ini.

  2. Saya turun langsung memantau .. Alhamdulillah tertib lancar dan aman. Sampe saat ini blm terdengar ada pengadilan atau komplain peserta atau ditemukan pelanggaran mapun gamgguan serius. Kekurangan teknis tetap ada, misalnya soal yg terulang, tetapi dpt diselesaikn panitia dg cepat. Kerja keras panitia dan kepedulian serta kebersamaan mnjadi kunci sukses kegiatan ini.
    Yg paling lancar adalah laporan wartawan Siti Zubaidah ini … :-) :-) :-)

  3. Saya turun langsung memantau .. Alhamdulillah tertib lancar dan aman. Sampe saat ini blm terdengar ada pengadilan atau komplain peserta atau ditemukan pelanggaran mapun gamgguan serius. Kekurangan teknis tetap ada, misalnya soal yg terulang, tetapi dpt diselesaikn panitia dg cepat. Kerja keras panitia dan kepedulian serta kebersamaan mnjadi kunci sukses kegiatan ini.
    Yg paling lancar lg adalah laporan wartawan Siti Zubaidah ini … :-) :-) :-)

  4. Andira Rahmawati

    Sosok dekan teladan. Sukses selalu pak dekan syariah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas