::: Fakultas Syari’ah dan Hukum IAIN Raden Intan Lampung Menerima Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur (Penelusuran Minat Bakat PMA) Datang langsung ke Fakultas Info. Hub. 081369076722 “Unggul dan Kompetitif dalam Pendidikan Hukum Islam dan Ilmu Hukum” ::: Kritik, saran, informasi atau artikel seputar Fakultas Syari’ah dan Hukum dapat dikirimkan kepada kami melalui email satuhatibangunnegerilampung@gmail.com.
Home / Kegiatan Fakultas / Sidang Isbat Awal Ramadhan Dilakukan Tertutup

Sidang Isbat Awal Ramadhan Dilakukan Tertutup

kepastian-bulan-ramadan-menteri-agama-tunggu-sidang-isbat-AtswX0KuaM

Jakarta: Ramadhan menjelang. Kapan puasa dimulai? Kementerian Agama akan menyelenggarakan sidang itsbat (penetapan) awal bulan Ramadlan 1437 H pada Minggu (05/06/2016).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan kalau seperti tahun lalu, proses sidang itsbat akan dilakukan secara tertutup. “Kami akan mengundang para kyai, ulama, tokoh-tokoh agama, pimpinan ormas-ormas Islam, akademisi, dan pakar di bidang ilmu falak untuk hadir dalam sidang isbat yang akan dilakukan pada 5 juni 2016 sore hari”, kata Menag di Jakarta

Sidang dilakukan tertutup, menurut Menag, karena hal terpenting yang dibutuhkan masyarakat adalah hasilnya, bukan perdebatannya. Jadi, biarkan suasana perdebatan menjadi panggung tersendiri. “Perdebatan dalam isbat awal ramadlan bukan konsumsi publik. Perdebatan para ahli, kalau dikonsumsi masyarakat umum khawatir justru berpotensi memunculkan salah faham,” kata Menag.

Dijelaskan Menag, Kementerian Agama nantinya akan menyiapkan petugas pengamatan hilal (rukyatul hilal) di beberapa titik pemantauan di Indonesia. Jika ada yang berhasil melihat hilal, maka sidang isbat akan memutuskan awal Ramadhan pada Senin, 6 Juni 2016. Sebaliknya, jika hilal tidak terlihat, maka bulan Syaban akan digenapkan menjadi 30 hari dan awal Ramadlan jatuh pada Selasa, 7 Juni 2016.

Menag Lukman berharap umat Muslim Indonesia dapat mengawali puasa Ramadhan secara bersama-sama. Proses sidang isbat juga diharapkan berjalan lancar dan tidak terjadi perdebatan berkepanjangan.

Sumber: kemenag.go.id

About admin

Foto Profil dari admin

Check Also

22449713_1943108615928491_2971012737412043448_n (1)

Pemred Jejamo.com Tampil dengan Gaya Kekinian Pada Pelatihan Jurnalistik

Bandar Lampung: Adian Saputra narasumber nyentrik dan kekinian mengisi Pelatihan Jurnalistik Fakultas Syari’ah UIN Raden …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas